MADU MURNI & HIPERTENSI

MADU MURNI & HIPERTENSI

Sebagian pakar membedakan Hipertensi  kedalam 2  kelompok, yaitu Hipertensi Simtomatik & Hipertensi Esensial. Hipertensi  Simtomatik  terjadi disebabkan oleh  gangguan fungsi ginjal, penyakit endokrin, gangguan sistim syaraf pusat dan sejenisnya.  Sedangkan Hipertensi Esensial  disebabkan karena stres emosi – psikis, asupan garam berlebihan, kegemukan, kebiasaan buruk, dan arterosclerosis. Menurut data, 90% adalah penderita Hipertensi Esensial.
 GANGGUAN TIDUR
Sebagaimana telah banyak difahami, Hipertensi erat kaitanya dengan gangguan tidur. Orang yang mengalami gangguan tidur, tekanan darahnya cenderung naik secara akut. Bila gangguan tidur terjadi terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang , bisa mengakibatkan hipertensi kronis. Karena tekanan darah dan denyut jantung  akan meningkat sejalan dengan meningkatnya aktivitas syaraf simpatis.
STRES METABOLIK

Prof. James Gangwisch dari School of Public Health, Columbia University, menyampaikan  bahwa kurang tidur  adalah faktor resiko terjadinya Hipertensi. Faktor resiko Hipertensi lainya adalah Stres Metabolik, yaitu keadaan dimana otak mengalami kekurangan bahan bakar sehingga tekanan darah & denyut jantung meningkat.  Seseorang bisa mengurangi resiko Hipertensi bila bisa memperoleh tidur yang lebih lama & memperbaiki kualitas tidurnya ( menghilangkan Stress Metabolik).

TIDUR RESTORATIF
Madu murni
bisa melakukan kedua hal tersebut diatas, mengatasi gangguan tidur & menghilangkan stress metabolik. Minum madu murni sebelum tidur membuat tidur bersifat restoratif,  yaitu kualitas tidur lebih baik  & durasi tidur lebih lama. Tidur restoratif terjadi bila stok bahan bakar otak, yaitu glycogen hati, mencukupi jumlahnya.  Minum madu sebelum tidur membuat hati mendapatkan asupan Glycogen yang memadai sehingga menjelang pagi otak tidak perlu mencari tambahan bahan bakar untuk menjalankan fungsinya.  Kondisi ini menghasilkan pemulihan phisik , yaitu terjadinya  pembangunan kembali & perbaikan semua jaringan tubuh.
MADU MURNI & ADRENALIN

Disamping itu madu murni akan mengurangi pelepasan Adrenalin (Catecholamine), penyebab meningkatnya tekanan darah dan denyut jantung. Dengan membaiknya kualitas dan kuantitas tidur berarti mengurangi resiko Hipertensi. Konsumsi madu murni secara rutin pagi & malam hari adalah strategi sehat yang sangat efisien & efektif untuk memperkecil resiko Hipertensi.
MADU MURNI MENGURANGI LEMAK DARAH

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada  tahun 2008 menunjukkan bahwa asupan madu murni sebanyak 70 gram per hari selama 30 hari dapat menurunkan beberapa faktor resiko gangguan cardiovascular.  Dibanding dengan gula meja, mereka yang minum madu murni, menunjukkan hasil :  Total Kolesterol lebih rendah, LDL lebih rendah, Triglyserida lebih rendah, gula darah lebih rendah,        C-reactive protein lebih rendah  serta mengalami sedikit penurunan berat badan & lemak tubuh. Hasil penemuan ini, walau dilakukan pada group kecil (55 pasien) dan tidak pada semua aspek secara statistik bermakna, namun telah mengkonfirmasi dengan kuat potensi peran madu murni dalam hal mengatasi gangguan cardiovascular pada  orang-orang yang beresiko.
HASIL PENELITIAN LAIN

Menurut Mladenov, pada penelitian terdahulu, madu murni mempunyai efek antihypoxic, memperbaiki sirkulasi mikro dan bersifat menurun kan lemak. Sedangkan menurut Kostoglodov, madu mengandung Acetylcholine yang bisa menurunkan tekanan pada arteri. Konsumsi madu murni secara rutin pagi & malam hari adalah strategi sehat yang sangat efisien , efektif  & ekonomis untuk memperkecil resiko Hipertensi.

No comments:

Post a Comment